Penerimaan perguruan tinggi
1. UNP
Agenda SPMB UNP Tahun Akademik 2014/2015
Berikut ini adalah daftar Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Negeri Padang Tahun Akademik 2014/2015. Untuk mengetahui informasi detil setiap tahapan untuk masing-masing seleksi penerimaan, silahkan klik tautan yang sesuai.
Terimakasih
(12 results)
14 Juli s.d. 23 Agustus 2014
|
-
|
27 Agustus 2014
|
28 s.d.30 Agustus 2014
|
28 s.d. 30 Agustus 2014
|
-
|
1 September 2014
| |
23 Juni s.d. 4 Agustus 2014
|
4 s.d 5 Agustus 2014
|
11 Agustus 2014
|
11 s.d 25 Agustus 2014
|
12 s.d 25 Agustus 2014
|
-
|
25 Agustus 2014
| |
16 Juni s.d. 14 Agustus 2014
|
-
|
17 Agustus 2014
|
20 Agustus 2014
|
20 Agustus 2014
|
-
|
25 Agustus 2014
| |
16 Juni s.d. 24 Juli 2014
|
-
|
18 s.d. 19 Agustus 2014
|
18 s.d. 20 Agustus 2014
|
-
|
25 Agustus 2014
| ||
sampai 24 Juni 2014
|
26 s.d. 27 Juni 2014
|
10 Juli 2014
|
-
|
12 s.d. 19 Agustus 2014
|
-
|
25 Agustus 2014
| |
11 Juni s.d. 8 Agustus 2014
|
9 Agustus 2014
|
12 Agustus 2014
|
12 s.d. 18 Agustus 2014
|
12 s.d. 19 Agustus 2014
|
-
|
25 Agustus 2014
| |
2 s.d. 20 Juni 2014
|
24 s.d. 27 Juni 2014
|
12 s.d. 18 Agustus 2014
|
12 s.d. 19 Agustus 2014
|
-
|
25 Agustus 2014
| ||
2 s.d. 20 Juni 2014
|
27 Juni 2014
|
12 s.d. 18 Agustus 2014
|
12 s.d. 19 Agustus 2014
|
-
|
25 Agustus 2014
| ||
2 s.d. 20 Juni 2014
|
24 s.d. 27 Juni 2014
|
12 s.d. 18 Agustus 2014
|
12 s.d. 19 Agustus 2014
|
-
|
25 Agustus 2014
| ||
18 Mei 2014
|
19 Juli 2014
|
12 s.d. 18 Agustus 2014
|
12 s.d. 19 Agustus 2014
|
-
|
25 Agustus 2014
| ||
12 Mei s.d. 12 Juni 2014
|
13 Juni s.d. 14 Juni 2014
|
21 Juni 2014
|
-
|
23 Juni s.d. 5 Juli 2014
|
-
|
25 Agustus 2014
| |
28 Maret 2014 s.d 8 Mei 2014
|
10 Mei 2014
|
12 s.d. 18 Agustus 2014
|
12 s.d. 19 Agustus 2014
|
13 s.d. 19 Agustus 2014
|
25 Agustus 2014
|
2. PNP
3. UNAND
Laman Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru
Selamat Datang di laman informasi mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Andalas. Laman ini berisi informasi untuk calon mahasiswa Sarjana (strata 1) dan Pasca Sarjana (strata 2 dan strata3) Universitas Andalas.
Informasi umum yang akan diperoleh adalah mengenai :
- Deskripsi seleksi Pascasarjana, SNMPTN dan SBMPTN
- Persyaratan Umum untuk calon mahasiswa
- Tata cara pendaftaran
- Kelompok program studi dan aturan pilihan untuk pendaftar
- Prinsip dan mekanisme seleksi
- Kriteria penilaian
Informasi spesifik terkait dengan program studi HANYA di Universitas Andalas adalah mengenai :
- Daya tampung untuk tiap-tiap program studi
- Persayaratan yang perlu dipenuhi oleh siswa pendaftar pada tiap program studi
- Akreditasi masing-masing program studi dan data mengenai keketatan penerimaan terhadap peminat pada tahun sebelumnya
- Deskripsi masing-masing program studi
Untuk siswa pelamar dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan melalui program beasiswa Bidikmisi yang informasinya dapat diakses di laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
Biaya
- Biaya SNMPTN ditanggung oleh pemerintah. Siswa pelamar tidak dikenai biaya seleksi.
- Biaya SBMPTN ditanggung bersama oleh Pemerintah dan Peserta.
Perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN akan diinformasikan melalui laman http://www.snmptn.ac.id.
Perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN akan diinformasikan melalui laman http://www.sbmptn.or.id dan Panduan Peserta SBMPTN 2014.
Calon mahasiswa Pascasarjana yang ingin mendaftar melalui jalur beasiswa DIKTI, silahkan mendaftar di http://beasiswa.dikti.go.id/bppdn
Prosedur Pendaftaran
Secara rinci, proses pendaftaran yang harus ditempuh adalah sebagai berikut:
- Calon mahasiswa datang ke Bank Syariah Mandiri (semua kantor cabang) untuk membeli PIN pendaftaran Program Pascasarjana Universitas Andalas. Pada slip bukti pembayaran akan diberikan Nama Pengguna (username) dan PIN. Biaya untuk point ini adalah Rp. 500.000,- dibayarkan langsung ke teller Bank Syariah Mandiri.
- Pendaftar mengakses website Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana Unand dengan alamat http://pmb.unand.ac.id .
- Pilih tab menu “Pascasarjana” dan pilih menu “Formulir Pendaftaran Online”. Isi formulir yang ada dengan lengkap dan benar. Gunakan Nama Pengguna (username) dan PIN yang sudah diperoleh dari Bank Syariah Mandiri.
- Calon mahasiswa wajib mengunggah (upload) hasil scan dokumen dalam format PDF yang diperlukan untuk proses seleksi yaitu:
- Ijazah dan Transkrip Akademik S1 (untuk S2)
- Ijazah dan Transkrip Akademik S1 dan S2 (untuk S3)
- Sertifikat TOEFL bagi calon mahasiswa yang pernah mengikuti test (bersifat opsional).
- Setelah melengkapi formulir pada point 3, calon mahasiswa akan memperoleh Nomor Ujian dengan informasi lokasi dan jadwal seleksi.
- Bukti pendaftaran pada point 5 dicetak sebanyak 3 (tiga) rangkap. Akan dipergunakan untuk : (1) Pengenal saat pelaksanaan ujian, (2) Dilampirkan pada formulir kelengkapan berkas pendaftaran Program Pascasarjana Universitas Andalas, (3) Arsip untuk yang bersangkutan.
- Selain mengunggah (upload) dokumen saat pengisian formulir, calon mahasiswa wajib mengirimkan dokumen berikut ini melalui pos atau diantar langsung dalam satu amplop yang diberi kode Nomor Ujian di bagian pojok kanan atas amplop ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana, Gedung Pascasarajana – Kampus Universitas Andalas Limau Manis – Padang 25163 (Pengiriman berkas paling lambat 5 hari setelah melakukan keseluruhan proses pendaftaran online):
- Formulir A (hasil cetakan formulir online) bagi yang sudah melengkapi data (Asli dan Photo Copy)
- Dokumen Formulir Permohonan NON-BPPDN (Asli dan Photo Copy) – bagi calon mahasiswa dengan biaya sendiri atau beasiswa institusi lainnnya selain BPPDN
- Surat Rekomendasi dari 3 (tiga) nama pemberi rekomendasi (Asli dan Photo Copy)
- Photo Copy Ijazah dan Transkrip yang sudah dilegalisir (Rangkap 2)
- Proposal lengkap, Formulir By Research (rencana studi paripurna, surat kesediaan promotor), photo copy publikasi ilmiah (khusus pelamar program doktor jalur penelitian). (Asli dan Photo Copy)
- Khusus untuk Program Studi S2 Kebidanan agar menyertakan Nilai TOEFL.375 dan melampirkan Surat Keterangan telah bekerja sebagai dosen tetap Minimal 2(dua) tahun masa kerja.
- Hasil seleksi akan diumumkan melalui e-mail dan juga dapat diihat di website http://pmb.unand.ac.id.
- Jika data dan dokumen pendaftaran yang diberikan tidak lengkap dan tidak sesuai dengan dokumen asli pada saat proses registrasi, maka Pendaftar dianggap gugur, dan uang pendaftaran tidak dapat dikembalikan.
- Bagi pelamar yang ingin mendaftar melalui jalur beasiswa dikti, silahkan mendaftar di http://beasiswa.dikti.go.id/bppdn
4. ISI PADANG PANJANG
Informasi Umum
Institut Seni Indonesia Padangpanjang adalah Perguruan Tinggi Seni Negeri menyelenggarakan pendidikan seni program S-1 dan S-2 untuk melestarikan dan mengembangkan budaya dan nilai-nilai lokal Indonesia yang berwawasan global.
Visi: “Mewujudkan Seniman dan Ilmuan Seni Budaya Melayu Berjaya”
Misi:
- Menyelenggarakan pendidikan seni dengan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar budaya Melayu;
- Menciptakan pusat kajian dan kreativitas seni berazaskan keilmuan dan profesionalisme, serta peka dan responsif terhadap perubahan dengan menjunjung tinggi moralitas bangsa;
- Menciptakan dan mengembangkan pusat informasi seni budaya bangsa yang bertanggung jawab;
- Memberdayakan potensi lembaga untuk kejayaan diri, lembaga, bangsa, dan negara.
Peluang
Lulusan ISI Padangpanjang dapat bekerja di instansi/dinas pemerintah, tenaga pendidik, atau berwiraswata dengan membuka sanggar-sanggar seni. Keberadaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan semakin pesatnya kemajuan pembangunan di sektor pariwisata memberi peluang besar bagi lulusan ISI Padangpanjang untuk berkiprah sesuai dengan bidang keterampilan yang dimiliki. Lulusan ISI Padangpanjang dapat menjadi seorang pendidik, pelatih, pencipta, pengembang, pembina dan pengelola seni.
Aktivitas
- Pendidikan dan Pembelajaran Menyelenggarakan proses belajar mengajar, penilaian hasil pembelajaran dan melakukan bimbingan serta latihan di bidang seni yang berorientasi pada penggalian, pengembangan, dan pelestarian seni budaya rumpun Melayu
- Penelitian Melaksanakan penelitian seni rumpun Melayu dan seni lainnya di Nusantara. Hasil penelitian dipublikasikan dalam berbagai jurnal ilmiah baik lokal, nasional, maupun internasional
- Pengabdian kepada Masyarakat Aktivitas pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui program-program yang berorientasi pada penguatan dan pencitraan seni budaya bangsa. Kegiatan tersebut dikemas dalam berbagai media dan diwujudkan dalam bentuk penyuluhan, pelatihan, penataran, workshop, klinik seni dan pameran serta pergelaran seni.
- Pergelaran dan Pameran Khsusus Pagelaran dan pameran khusus diselenggarakan sebagai ajang promosi budaya bangsa, baik di dalam maupun di luar negeri. Materi pergelaran dan pameran tidak terbatas pada budaya tradisi, tetapi juga mencakup seni-seni bentukan baru (kontemporer)
Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Institut Seni Indonesia Padangpanjang tahun akademik 2014/2015 dilaksanakan secara mandiri melalui 3 (tiga) jalur, yaitu :
- Jalur Penelusuran Minat dan Bakat (PMDK)
Jalur Penelusuran Minat dan Bakat (PMDK) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan memperhatikan nilai kesenian dan prestasi siswa SMA/SMK/MA tanpa melalui tes tertulis maupun tes bakat.
Persyaratan Pendaftaran
- Siswa SMA/SMK/MA sederajat yang akan lulus tahun 2014 (khusus Program Studi Seni Musik tamatan SMK Musik dan program Studi Televisi dan Film tamatan SMK Multimedia)
- Memiliki nilai kesenian/keterampilan 7,00
- Memiliki piagam penghargaan di bidang seni
- Pasfoto ukuran 3 x 4, 3 lembar
- Surat rekomdasi dari kepala sekolah untuk mengikuti jalur PMDK
Pendaftaran juga dapat dilakukan secara online pada laman: www.spmb.isi-padangpanjang.ac.id atau mengirimkan bahan ke kampus ISI Padangpanjang
2. Jalur Tes
Jalur Tes adalah seleksi Tes Kemampuan Dasar dan Tes Kemampuan Bidang yang dapat diikuti oleh Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat maksimal lulusan 3 (tiga) tahun terakhir.
Persyaratan Pendaftaran
- Siswa SMA/SMK/MA sederajat lulusan maksimal tahun 2012
- Menyerahkan fotokopi ijazah/Surat Keterangan Lulus yang telah dilegalisir sebanyak 1 (satu) lembar
- Pasfoto berwarna terbaru ukuran 3×4, 3 lembar
- Fotokopi Kartu Keluarga
- Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua dari Kelurahan/ Slip Gaji bagi orang tua yang bekerja sebagai PNS atau pegawai BUMN
Pendaftaran dapat dilakukan secara online pada laman: www.spmb.isi-padangpanjang.ac.id atau datang langsung ke kampus ISI Padangpanjang
3. Jalur Bidikmisi
Bidikmisi adalah program pemerintah pusat yang bertujuan untuk memberikan bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan dan bantuan biaya hidup kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik yang memadai dan kurang mampu secara ekonomi. Tata cara dan persyaratan dapat dilihat pada laman: www.bidikmisi.dikti.go.id
5.NSTITUTE TEKNOLOGI BANDUNG
Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Program Pascasarjana ITB Sem.I Gel. 1 Tahun 2015-2016
No
|
Uraian
|
Waktu
| ||
BPP-DN / Umum (Gelombang 1)
|
Umum (Gelombang 2)
| |||
1
|
Pendaftaran On line / Penyerahan berkas
pelamaran di Gedung Annex Lt. I Loket 5/6 Jl. Tamansari No. 64 Bandung |
2 Februari s/d 22 April 2015
|
27 April s/d 3Juni
2015 | |
2
|
Tes Potensi Akademik
|
9 Mei 2015
|
20 Juni 2015
| |
3
|
Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru
|
Minggu Pertama
Bulan Juni 2015 |
Minggu kedua Bulan Juli 2015
| |
4
|
Pendaftaran Ulang
|
Minggu Pertama bulan Agustus 2015 *)
| ||
5
|
Awal Kuliah Semester I 2013/2014
|
Agustus 2015 *)
|
1. *) Jadwal masih tentatif
2. Untuk tes bahasa inggris (ELPT ITB) silakan hubungi UPT Bahasa ITB di sini
2. Untuk tes bahasa inggris (ELPT ITB) silakan hubungi UPT Bahasa ITB di sini
Rincian Biaya Studi **):
No
|
Program Magister
|
Program Doktor
|
Keterangan
|
Biaya Pendaftaran
|
400.000
|
450.000
| |
Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BP2)
|
9.500.000 / Semester
|
12.000.000 / Semester
|
BP2 ini sudah mencakup komponen biaya pelayanan dan perlengkapan yang meliputi:
1. Pelayanan kesehatan (layanan rawat jalan dan rawat inap/ asuransi) selama terdaftar sebagai mahasiswa ITB 2. Jaket almamater diberikan satu kali selama terdaftar sebagai mahasiswa ITB 3. Pendaftaran awal fasilitas internet 4. Pembuatan RFID smart card diberikan satu kali selama terdaftar sebagai mahasiswa ITB |
Biaya Tes Potensi Akademik
|
325.000
|
325.000
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar