tutorial internet dan
pengertian dan manfaat email
PENGERTIAN INTERNET
Internet (Interconnected
Network)
merupakan jaringan global yang menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya
diseluruh dunia. Dengan Internet, komputer dapat saling terhubung untuk
berkomunikasi, berbagi dan memperoleh informasi. Dengan begitu maraknya
informasi dan kegiatan di Internet, menjadikan Internet seakan-akan sebagai
dunia tersendiri yang tanpa batas. Dunia didalam Internet disebut juga dengan
dunia maya (cyberspace). internet (dengan
huruf “i” bukan kapital) sebenarnya adalah suatu sistem global jaringan
komputer yang saling terhubung menggunakan standar internet protokol (TCP/IP).
Rangkaian internet yang terbesar disebut Internet (dengan huruf “i” kapital).
Jadi internet adalah sebuah sistem
dan Internet merupakan nama darisalah satu sistem terbesarnya.
Informasi dalam Internet umumnya disebarkan melalui
suatu halaman website yang dibuat dengan format bahasa pemrograman HTML (Hypertext Markup Languange). Untuk dapat
menampilkan halaman website diperlukan suatu perangkat lunak aplikasi yang
disebut dengan browser. Mozilla Firefox,
Opera, Google Chrome, Safari dan Internet Explorer merupakan contoh dari
browser. Halaman utama suatu website disebut dengan homepage. Dari halaman utama
kita dapat membuka berbagai macam informasi melalui tombol yang disebut dengan link. Link dapat
menghubungkan kita dengan halaman atau website lainnya, sehingga informasi yang
dapat kita peroleh menjadi kaya. Layanan berupa situs yang digunakan dalam
memudahkan pencarian informasi disebut dengan WebSearch Engine. Contoh dari web search engine adalah Google, Yahoo,
dan Bing. Dengan web
search engine kita cukup menuliskan kata kunci dari
informasi yang akan kita cari, dan dalam hitungan detik informasi tersebut
dapat ditemukan. Misalnya dalam mencari informasi tentang artis favorit, kita
tinggal mengetik nama artis tersebut sebagai kata kunci di web search engine.
Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh layanan
Internet telah mengubah cara pandang dan hidup manusia. Berbagai bidang
kehidupan bisa dilakukan secara elektronik. Kini orang dengan mudah dapat
membeli barang-barang yang diinginkan hanya dengan membuka komputer dimanapun
dia berada dan melakukan transaksi secara online. Dari hal tersebut munculah
istilah E-commerce (electronic
commerce)
yang dapat berarti perdagangan lewat dunia maya. Ada pula E-government (electronic government) yang berarti
interaksi digital antara pemerintahan dan masyarakat. Dengan adanya
e-government memungkinkan transparansi di bidang pemerintahan sehingga
informasi tentang pemerintahan dapat diketahui oleh masyarakat, tentunya hal
ini akan meningkatkan kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap pemerintah.
Selain itu proses birokrasi yang rumit dapat dihapuskan sehingga lebih
memudahkan pelayanan pemerintah bagi masyarakat. Terdapat pula istilah-istilah
“E” yang lain dalam berbagai sektor kehidupan, seperti E-Bussiness, E-education
dan lain sebagainya.
SEJARAH
ASAL MULA INTERNET
Internet pada awalnya terbentuk dari lingkungan
militer, dibawah naungan Departemen Pertahanan Amerika dengan proyek yang
bernama Advanced
Research Project Agency (ARPA). Jaringan komputer terbentuk
pertama kali pada tahun 1969. Pada saat itu jaringan komputer tersebut hanya
terdiri dari beberapa komputer yang dihubungkan dengan kabel dan selanjutnya
disebut dengan ARPAnet. ARPAnet sendiri dibangun dengan tujuan membuat jaringan
komputer yang tersebar sehingga informasi tidak terfokus di satu titik yang
diperkirakan akan mudah dihancurkan bila terjadi peperangan. Apabila satu
bagian dari jaringan terputus, jalur yang melalui jaringan itu secara otomatis
dipindahkan ke jalur lainnya.
Pada tahun 1977, lebih dari 100 komputer mini dan mainframe yang sebagian besar
berada di universitas terkoneksi ke ARPAnet. Hubungan komputer ini dimanfaatkan
oleh dosen-dosen dan mahasiswa untuk berbagi informasi. Pada awal 1980-an,
ARPAnet dibagi menjadi dua jaringan, yaitu ARPAnet dan milnet. Milnet merupakan
jaringan militer, namun keduanya memiliki suatu hubungan sehingga dapat saling
terkoneksi. Jaringan interkoneksi ini disebut dengan DARPA Internet, tetapi
selanjutnya hanya disebut Internet. Pada awalnya Internet hanya bisa diakses
oleh komputer mini dan mainframe. Setelah dibukanya
layanan Usenet dan BITNET, Internet dapat
diakses olehPersonal Computer (PC). Kini dengan semakin berkembangnya
teknologi perangkat mobile seperti “hape”, PDA,
Tablet PC dan Smartphone, bahkan televisi dan berbagai macam alat
telekomunikasi lainnya, kita dapat terhubung dengan sangat mudah ke Internet
dengan suatu sistem yang disebut WAP (Wireless Aplication Protocol).
LAYANAN
ATAU FASILITAS YANG TERDAPAT DALAM INTERNET
Informasi yang berada di Internet begitu luar biasa
melimpah dan beragam. Dari mulai tulisan, program komputer, database, gambar,
musik, video, film dan lain sebagainya dapat kita temukan di Internet. Layanan
yang ada di Internet diantaranya:
1.
E-mail (Elektronik Mail) merupakan fasilitas
Internet untuk mengirim dan menerima surat yang ditansmisikan secara
elektronik. Dengan e-mail kita dapat mengirim surat nyaris tanpa biaya dan
sampai ketujuan dalam hitungan detik, tanpa dibatasi oleh jauhnya jarak yang
harus ditempuh. Selain itu, kelebihan e-mail dibandingkan surat biasa
selain dapat mengirimkan pesan berupa tulisan (teks) adalah dapat pula mengirim
sisipan pesan (Attachment) berupa file suara,
video, gambar dan lain sebagainya.
2.
Mailing
List,
yaitu perkembangan dari e-mail berupa langganan berita atau informasi yang
dikirim melalui e-mail. Seseorang yang sudah mempunyai e-mail dapat
berlangganan berita atau informasi dari suatu topik tertentu. Untuk keperluan
ini maka penerima e-mail perlu mendaftarkan ke penyedia yang akan menyebarkan
berita tersebut supaya alamat e-mailnya tercatat di daftar yang akan dikirimi
berita.
3.
News
Group atau Network News atau BBS (Bulletin Board Service), yakni aplikasi
Internet berupa Electronic Bulletin Board atau fasilitas yang memungkinkan kita
tergabung bersama grup dan saling berdiskusi sesuai topik-topik tertentu.
4.
File
Transfer Protocol (FTP), layanan
ini memungkinkan pengguna Internet untuk melakukanupload (menyimpan/unggah)
atau kegiatan mentransfer file dari satu komputer server web dandownload (mengambil/unduh) atau kegiatan mengambil
file dari server web dan atau mentransfer file dari komputer ke komputer lain.
5.
Remote
login yaitu Telnet, adalah
fasilitas untuk mengakses komputer lain dari jarak jauh. Dengan fasilitas ini,
misalnya kita yang berada di kota Jakarta dapat mengendalikan komputer yang
berada di kota Bandung.
6.
Information
Browsing yaitu Gopher, adalah
fasilitas untuk menemukan informasi di Internet dalam bentuk menu-menu berupa
teks. Kelemahan gopher hanya dapat menampilkan menu-menu sebatas dalam bentuk
tulisan.
7.
Advanced
Browsing yaitu WWW (World Wide Web), yaitu kumpulan
dokumen yang tersimpan di server web dalam bentuk HTML. Pengguna dengan mudah
dapat menemukan informasi di Internet tidak hanya dalam bentuk tulisan,
melainkan grafis, suara dan video yang saling terkait menggunakan link sehingga
disebut hypermedia.
8.
Automatic
Title Search,
yaitu Archie dan Veronica, adalah fasilitas pencarian informasi di Internet
dengan mengetikan tittle (judul) topik.
9.
Automatic
Content Search, yaitu WAIS (Wide Area Information System), adalah fasilitas
pencarian informasi otomatis dengan meneliti isi dokumen yang ditemukan.
10.
Layanan Komunikasi dua arah, yaitu
chat: dapat mengirim dan menerima pesan berupa teks, komunikasi audio: dapat
mengirim dan menerima pesan berupa suara , video
call:
dapat mengirim dan menerima pesan berupa gambar dan suara secara realtime dan teleconference: komunikasi dua arah
secara multimedia sehingga memungkinkan kita seolah-olah melakukan suatu
pertemuan atau rapat langsung dalam sebuah ruangan tanpa dibatasi jarak.
CARA
KERJA INTERNET
Terjadinya sebuah dunia bernama Internet memang
sangat rumit. Bagaimana tidak, seluruh orang didunia ingin dilayani permintaan
komunikasinya secara praktis, dalam waktu relatif singkat dengan berbagai
bentuk format data. Tentunya agar semua permintaan dapat dilayani dibutuhkan
suatu sistem aturan yang rumit pula. Cara kerja Internet diatur dalam
serangkaian peraturan dan standar yang disebut dengan protokol. Untuk memahami
bagaimana Internet bekerja kita harus memahami terlebih dahulu bagaimana
protokol tersebut bekerja.
Protokol yang digunakan pada Internet disebut
dengan TCP/IP. TCP/IP inilah yang mengendalikan, mengatur, atau mengijinkan
terjadinya hubungan, komunikasi, perpindahan data antara dua atau lebih titik
komputer (node). TCP/IP memiliki
lapisan-lapisan (layer) yang tiap
lapisannya memiliki peran masing-masing dalam mengatur lalu lintas paket-paket
data agar dapat ditransmisikan dengan baik tanpa rusak atau hilang. Paket data
tersebut tentunya berasal dari beragam jaringan komputer berbeda, perangkat
berbeda, jarak berbeda. Dengan segala macam perbedaan tersebut, beserta jumlah
pengguna diseluruh dunia, dapat dibayangkan betapa luar biasa rumitnya bukan?.
Berikut ini sedikit ulasan mengenai lapisan-lapisan pada TCP/IP:
·
Aplication
Layer
Aplication Layer (Lapisan aplikasi) bertindak
sebagai antarmuka antara pengguna dan sistem, sehingga pengguna dapat dengan
mudah menggunakan Internet tanpa direpotkan detail sistem pengelolaan dan
transmisi data yang rumit. Lapisan ini memiliki aplikasi khusus protokol
sepertihypertext transfer
protocol (HTTP), email,
chatting, atau file
transfer protocol (FTP), dll, yang berkomunikasi dengan
lapisan dibawah berikutnya.
·
Transmission
Control Protocol (TCP) Layer
Lapisan ini berada antara lapisan aplikasi dan
lapisan protokol Internet (IP). Lapisan ini berfungsi untuk menerima dan
mengarahkan data ke aplikasi tertentu menggunakan nomor port.
·
Internet
Protocol (IP) Layer
Tugas utama dari lapisan ini adalah memberikan
identifikasi mesin pada jaringan. Identifikasi diperlukan layaknya sebuah
alamat tiap rumah yang bersifat unik/berbeda karena setiap rumah tersebut
berada pada tempat yang berbeda, tentu untuk mengirimkan paket agar sampai
ketujuan diperlukan alamat yang tepat. Internet protokol berfungsi untuk
memberikan alamat yang berbeda pada tiap perangkat jaringan.
·
Hardware
Layer
Hardware
Layer (lapisan perangkat
keras) sesuai denga namanya berfungsi secara fisik menghubungkan komputer ke
media transmisi data. Media transmisi tersebut dapat berupa saluran telepon,
jaringan selular atau koneksi satelit. Lapisan ini termasuk modem, kartu
ethernet dan perangkat keras yang langsung terhubung dengan proses transmisi
data. Lapisan ini juga yang berperan dalam menerjemahkan sinyal digital berupa
bilangan biner yang dapat dimengerti oleh komputer menjadi sinyal analog yang
dapat ditransmisikan lewat saluran telepon dan sebaliknya apabila diperlukan.
Agar komunikasi dapat berjalan sebagaimana mestinya
dan agar data dapat dikirim dari komputer pengirim dengan akurat ke komputer
tujuan, Internet juga membutuhkan suatu sistem penjaluran (routing) dan pengalamatan.
Bayangkan, tentu kita tidak dapat mengirim sesuatu tanpa mengetahui alamat
penerima. Oleh karena itu, setiap komputer yang terhubung ke jaringan Internet
memiliki suatu alamat yang menggambarkan komputer tersebut secara unik. Artinya
masing-masing komputer memiliki alamat yang berbeda. Alamat tersebut disebut
dengan IP Adress. Seperti yang dijelaskan di muka, pada protokol TCP/IP lapisan
Internet Protokol (IP) adalah lapisan yang bertugas untuk memberikan IP Adress
kepada tiap komputer/mesin jaringan. IP Adress adalah deretan angka biner
(angka biner adalah angka yang hanya terdiri dari bilangan 0 dan 1) antara
32-bit sampai 128-bit yang dipakai untuk mengidentifikasi tiap komputer host
dalam jaringan Internet. Sistem pengalamatan IP tersebut terdiri dari dua
jenis, yaitu IPv4 dan IPv6. Contoh dari IP Adress adalah 121.243.222.123 (IPv4)
dan 2001:e00:d:10:3:140:83 (Ipv6).
Karena IP Adress umumnya sulit diingat oleh
manusia, maka jaringan Internet juga menggunakan suatu sistem penamaan komputer
agar nama komputer (Domain name/host name) menjadi berbentuk kata atau frasa.
Kata atau frasa semisal “wordpress.com” tentunya lebih mudah diingat daripada
deretan nomor IP Adress seperti “121.243.222.123”. Sistem yang menyimpan suatu
informasi tentang nama komputer host atau domain dalam bentuk basis data
tersebar (distributed database) disebut dengan
Domain Name System (DNS). DNS menyediakan servis yang sangat penting untuk
Internet. Fungsi dari DNS bisa dianggap seperti buku telepon Internet, dimana
saat pengguna mengetikan “indosat.net.id” pada browser maka pengguna akan
diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140:83 (Ipv6).
Sebuah komputer pengguna (Client Computer) yang hendak
dihubungkan ke jaringan Internet, pada awalnya harus terhubung kesebuah Server.
Sebuah server akan mengatur akses dan mengirimkan data-data dari dan kedalam
Internet yang diminta oleh beberapa client, sehingga komputer client dapat
mengakses berbagai fasilitas yang terdapat di Internet seperti web, chat,
email, dan lain sebagainya.
Gambar 1: Bagan Cara Kerja Internet
Pada Saat Transmisi Data Antara Dua Buah Node
Ketika seseorang mengirimkan data lewat Internet,
katakanlah bahwa user-A dan user-B merupakan masing-masing pengguna jaringan
Internet (lihat gambar 1). User -A menggunakan layanan Internet dengan browser.
Pada saat menjalankan browser, user-A hanya berkomunikasi secara langsung
dengan lapisan aplikasi. Tindakannya disampaikan melalui lapisan aplikasi pada
lapisan TCP. Lapisan TCP berkomunikasi dengan lapisan IP, kemudian lapisan IP
berhubungan ke perangkat keras. Bersamaan dengan berjalannya semua itu,
masing-masing protokol dengan sistemnya mengatur agar tiap lapisannya berfungsi
dengan cara yang tepat. Untuk kemudian data atau permintaan dari user-A dikirim
ke user-B, melalui jalur kerangka Internet. Pada saat user-A mengirimkan data
berupa teks ke user-B, TCP/IP mulai bekerja. TCP membagi teks tersebut menjadi
paket-paket data kecil, menambahkan beberapa informasi (dapat dianggap sebagai
pengiriman barang), sehingga komputer user-B sebagai penerima memastikan bahwa
paket yang diterimanya tidak mengalami kerusakan sepanjang pengiriman dan
menyusun kembali paket-paket tersebut menjadi susunan teks seperti aslinya.
Bayangkan betapa luar biasanya Internet bekerja, bahwa semua proses rumit
tersebut dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik. Dan kita hanya menikmati
hasilnya tanpa perlu lagi memikirkan prosesnya J.
BADAN-BADAN
ATAU LEMBAGA PENGATUR INTERNET
Seperti yang dijelaskan dimuka mengenai cara kerja
Internet, berikut ini adalah badan yang bertanggung jawab dalam mengontrol dan
mengatur standarisasinya agar Internet tersebut tetap berjalan dan berkembang
menjadi lebih baik:
·
Internet
Society International (ISOC)
Merupakan badan profesional dengan keanggotaan
terbuka kepada siapa saja baik pribadi, perusahaan, universitas, maupun
pemerintah. ISOC merupakan badan yang memfasilitasi Internet, mendukung, serta
mempromosikan penggunaan dan akses Internet. Badan ini berurusan tidak hanya
dengan aspek-aspek teknis, namun juga aspek politik, sosial, pendidikan,
ekonomi dsb dari jaringan internet. ISOC bertujuan untuk menjamin pengembangan
Internet yang bersifat terbuka, agar evolusi dan penggunaan Internet dapat
bermanfaat bagi seluruh umat manusia di muka bumi.
·
Internet
Architecture Board (IAB)
Merupakan badan koordinasi dan penasehat teknis
bagi ISOC. Badan ini bertindak sebagai reviewteknis dan editorial
akhir semua standar Internet. IAB memiliki otoritas untuk menerbitkan dokumen
standar Internet yang dikenal sebagai RFC (Request For Comment) yang dibuat oleh
IETF, IEEE dan lembaga lain yang berhak membuat usulan. Tugas lain dari IAB
ialah mengatur angka-angka dan konstanta yang digunakan dalam protokol Internet
(nomor port TCP, kode protokol IP, dan lain-lain).
·
Internet
Engineering Task Force (IETF)
Adalah unit kerja yang berada di bawah IAB yang
terdiri dari orang-orang yang berkonsentrasi untuk mengembangkan aplikasi dan
arsitektur Internet kedepannya. Badan ini bertugas untuk membentuk standar
Internet. Salah satu tugasnya adalah menerbitkan RFC (Request For Comment) atas suatu protokol
atau standar yang diusulkan oleh seseorang untuk dikomentari oleh publik atas
persetujuan dari IAB. Websitenya adalah www.ietf.org. IETF ini dibagi
dalam 9 kelompok kerja (misalnya aplikasi, routing dan addressing, keamanan
komputer).
·
Institute
of Electrical and Electronic Enginering (IEEE)
Kepanjangan IEEE awalnya adalah Institute of
Electrical and Electronic Enginering (dalam bahasa Indonesia berarti Institut
Insinyur Listrik dan Elektronik) kepanjangan tersebut sebenarnya kini tak lagi
digunakan, nama resmi badan tersebut saat ini hanya IEEE saja. IEEE terdiri
dari banyak ahli dibidang teknik yang mempromosikan pengembangan
standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi baru
dalam setiap aspek industri dan engineering yang mencakup telekomunikasi,
jaringan komputer, kelistrikan, antariksa dan elektronika. Tujuan dari IEEE
adalah mengembangkan teknologi untuk meningkatkan harkat kemanusiaan.
·
Internet
Research Task Force (IRTF)
IRTF ialah badan yang memiliki orientasi pada
riset-riset jangka pendek maupun jangka panjang mengenai protokol Internet,
aplikasi, arsitektur dan teknologi Internet. IRTF masih berada dibawah unit
kerja IAB. Websitenya adalah www.irtf.org
·
Internet
Assigned Numbers Authority (IANA)
IANA bertugas mengurusi masalah penetapan parameter
protokol Internet, seperti ruang alamat IP dan Domain Name System (DNS).
IANA juga bertindak sebagai otoritas tertinggi untuk mengatur rootDNS yang mengatur
basis data pusat informasi DNS, juga menentukan alamat IP dari sistem-sistem
otonom didalam jaringan Internet. IANA beroperasi dibawah ISOC dan juga
merupakan bagian dari IAB yang didanai oleh pemerintah Amerika Serikat. Karena
meningkatnya penggunaan Internet IANA akan digantikan oleh Internet Corporation
for Assigned Names and Number (ICANN) yang merupakan badan nonprofit
internasional.
Selain badan-badan diatas ada pula W3C (World Wide
Web Consortium), yaitu badan yang bertugas mengatur dan mengembangkan standar
untuk World Wide Web (WWW). WWW sering dianggap sama dengan Internet secara
keseluruhan, walaupun sebenarnya merupakan bagian dari aplikasi Internet yang
bisa dibilang paling penting. W3C saat ini dipimpin oleh Tim Berners Lee, sang
pencipta World Wide Web.
DAFTAR
ISTILAH
·
Archie
: Perkakas untuk pengindeks-an arsip yang terdapat di FTP, sehingga
memungkinkan orang untuk melakukan pencarian yang spesifik. Implementasi pertama
kali ditulis oleh Alan Emtage dan J. Peter Deutsch pada tahun 1990
·
BITNET
: Secara teknis, BITNET merupakan jaringan point-to-point “menyimpan dan
meneruskan”. Dalam hal ini sebuah pesan email dari sebuah komputer
ditransmisikan secara bertahap dari satu server ke server lainnya sampai tiba
di komputer tujuan.
·
Chat
: Obrol, obrolan, rumpi
·
Client
: Sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah
oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan /
digunakan oleh seorang user.
·
Domain
name : Nama khusus dan unik yang digunakan untuk
penamaan situs web pada Internet
·
Link
: Taut, Kait, Pautan, Pranala
·
Mainframe
: Komputer berukuran relatif besar dan memiliki kemampuan lebih besar dari
komputer mikro dan mini, mainframe dapat menjalankan banyak proses dalam satu
waktu
·
Offline
: Terputus atau tidak terhubung kedalam suatu jaringan
·
Online
: Terhubung kedalam suatu jaringan
·
Server
: Sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi
yang diperlukan oleh Client dalam suatu jaringan. Server biasanya di kendalikan
oleh seorang admin
·
Upload
: Proses pengiriman atau transfer file dari media penyimpanan yang terdapat di
komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.
·
Usenet
: Sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global, secara kasar
merupakan hibrida/gabungan antara email dan forum web
·
User
: Pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet),
program interaksi, atau surat elektronik (e-mail)
·
Veronica
: Mesin pencari untuk protokol Gopher, diciptakan pada tahun 1992 oleh Steven
Foster Fred Barrie dari University of Nevada
·
WAIS
: Wide Area Information Servers atau WAIS adalah sistem pencarian teks
client-server yang menggunakan standar ANSI Z39.50 untuk mencari indeks basis
data pada komputer remote
·
Website
: Situs Web
·
Wireless
: Teknologi pentransmisian data tanpa menggunakan kabel, teknologi wireless
menggunakan frekuensi gelombang elektromagnetik & sinar laser sebagai alat
transmisinya
Pengertian
dan Manfaat Email
Pengertian Email:
1. Pengertian Email
Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet.
2.kelebihan penggunaan email
Nyaman
Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data).
Cepat
Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun.
Murah
Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri.
Hemat sumber daya
Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
Global
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia.
Reliabel
Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus.
Pesan multimedia
Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
KELEMAHAN PENGGUNAAN E-MAIL
Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
Pemalsuan identitas
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
3. Sejarah email
Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan.
Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.
Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”.
Manfaat Email :
Tak dapat dipungkiri, email merupakan satu alat
yang paling penting dalam bisnis internet.
Dimana kita bisa melakukan kontak dan menjalin
hubungan dengan pembeli secara teratur dan regular.
Tidak terbatas dengan sekali melakukan transaksi seperti
misalnya kita menjual produk atau jasa di toko – pembeli
datang, memilih produk dan membayar. Setelah itu kita
tidak ada kontak dan hubungan lagi.
Dengan memakai email, kita mejalin hubungan yang
lebih akrab dan dengan ini kita bisa mempromosikan
produk baru dan hal-hal lain yang kita jual.
Strategy ini jauh lebih lebih efektif, karena kita punya
loyal pembeli (email pembeli yang terdaftar) yang
biasanya akan memilih produk atau jasa kita dari pada
kompetitor kita yang menjual produk yang sama.
Kalau anda serius ingin menghasilkan uang di internet
membuat emai list “HARUS” di siapkan dan dipakai.
Menurut marketing riset, dikatakan bahwa transaksi
(pembelian) terjadi diantara EMPAT sampai ENAM
kali interaksi (contact) – dan anda akan kehilangan
pembeli (keuntungan) kalau anda tidak punya cara
untuk membuat pembeli kembali untuk membeli lagi.
Pikirkan kembali berapa website yang anda kunjungi
dalam satu jam di internet.
Apa anda bisa ingat kata-kata dan produk dari
website-website itu. Walaupun anda search
memakai google atau yahoo, tak di jamin website
yang anda cari akan ditemukan. Biasanya pengunjung
datang ke website anda, mereka melihat, klik sini,
klik sana dan minggat ke website lain.
Dengan mengumpukan data-data pengunjung
seperti nama dan email, walaupun mereka tidak
membeli apa-apa sekarang ini, tapi kemungkinan
besar akan membeli di lain waktu. Dengan suka
rela pengunjung memberikan data mereka, itu sudah
menunjukkan bahwa mereka tertarik dengan produk
atau jasa yang anda jual.
1. Pengertian Email
Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet.
2.kelebihan penggunaan email
Nyaman
Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data).
Cepat
Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun.
Murah
Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri.
Hemat sumber daya
Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
Global
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia.
Reliabel
Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus.
Pesan multimedia
Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
KELEMAHAN PENGGUNAAN E-MAIL
Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
Pemalsuan identitas
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
3. Sejarah email
Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan.
Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.
Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”.
Manfaat Email :
Tak dapat dipungkiri, email merupakan satu alat
yang paling penting dalam bisnis internet.
Dimana kita bisa melakukan kontak dan menjalin
hubungan dengan pembeli secara teratur dan regular.
Tidak terbatas dengan sekali melakukan transaksi seperti
misalnya kita menjual produk atau jasa di toko – pembeli
datang, memilih produk dan membayar. Setelah itu kita
tidak ada kontak dan hubungan lagi.
Dengan memakai email, kita mejalin hubungan yang
lebih akrab dan dengan ini kita bisa mempromosikan
produk baru dan hal-hal lain yang kita jual.
Strategy ini jauh lebih lebih efektif, karena kita punya
loyal pembeli (email pembeli yang terdaftar) yang
biasanya akan memilih produk atau jasa kita dari pada
kompetitor kita yang menjual produk yang sama.
Kalau anda serius ingin menghasilkan uang di internet
membuat emai list “HARUS” di siapkan dan dipakai.
Menurut marketing riset, dikatakan bahwa transaksi
(pembelian) terjadi diantara EMPAT sampai ENAM
kali interaksi (contact) – dan anda akan kehilangan
pembeli (keuntungan) kalau anda tidak punya cara
untuk membuat pembeli kembali untuk membeli lagi.
Pikirkan kembali berapa website yang anda kunjungi
dalam satu jam di internet.
Apa anda bisa ingat kata-kata dan produk dari
website-website itu. Walaupun anda search
memakai google atau yahoo, tak di jamin website
yang anda cari akan ditemukan. Biasanya pengunjung
datang ke website anda, mereka melihat, klik sini,
klik sana dan minggat ke website lain.
Dengan mengumpukan data-data pengunjung
seperti nama dan email, walaupun mereka tidak
membeli apa-apa sekarang ini, tapi kemungkinan
besar akan membeli di lain waktu. Dengan suka
rela pengunjung memberikan data mereka, itu sudah
menunjukkan bahwa mereka tertarik dengan produk
atau jasa yang anda jual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar